Wednesday 30 September 2015

Persiapan si kecil masuk daycare di jepang (hoikuen)

Waduhhh...sudah lama sekali saya tidak mengunjungi blog ini...dikarenakan kesibukan sebagai single mom dan student :))

Kali ini saya akan mencoba membagikan informasi tentang persiapan yang dilakukan untuk menitipkan anak di daycare (hoikuen). Alhamdulillah...dengan dikeluarkannya CoE, tidak sulit bagi suami untuk mengurus visa dependent untuk our little angel :))

Berhubung saya disini sebagai mahasiswa, maka memasukkan anak ke salah satu hoikuen adalah satu keharusan. Dan setelah diterima di salah satu hoikuen, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan peralatan yang diperlukan untuk di hoikuen nanti.

Berikut perlengkapan dan peralatan yang harus disiapkan :

1) Sepatu dalam ruangan (uwabaki)
Ini adalah perlengkapan yang wajib dimiliki oleh setiap pelajar, mulai dari preschool sampai SMA. Sekolah di Jepang mengharuskan muridnya untuk mengganti sepatu apabila akan masuk ke gedung sekolah...termasuk guru, orang tua murid ataupun tamu.

Hasil gambar untuk uwabaki

2) Sprei
Berhubung anak kita akan tidur siang di sekolah, pihak sekolah menyediakan alas tidur dan kita yang harus menyiapkan sprei. Ukurannya adalah ukuran khusus yang hanya muat 1 anak kecil, jadi biasanya para ibu membuat sendiri spreinya. 

3) Selimut
Ada dua macam selimut yang harus disiapkan berdasarkan musimnya. Pada musim panas, selimut yang digunakan harus cukup tipis dan pada musim dingin, pihak sekolah akan menyiapkan selimut tebal seperti bad cover, namun kita harus menyiapkan pelapisnya...seperti sprei.

4) Baju tidur
Baju tidur digunakan untuk tidur siang, disarankan untuk menggunakan baju tidur yang mudah dibuka pasang oleh anak.

5) Baju cadangan
Baju cadangan diperlukan jika suatu saat baju anak terkena kotoran atau basah misal saat dia bermain. Baju cadangan juga termasuk underwear dan kaos kaki.

6) Berbagai macam tas dengan berbagai macam ukuran
    - tas untuk menyimpan baju cadangan
    - tas untuk menyimpan pajama
    - tas untuk menyimpan sprei dan selimut
    - tas untuk menyimpan uwabaki/sepatu ruangan

Hasil gambar untuk renrakubukuro

7) Sikat gigi dan gelas plastik bergagang
Berhubung anak2 akan menyikat gigi setelah makan siang, maka kita perlu menyiapkan sikat gigi dan gelas plastik untuk aktivitas tersebut. Selain untuk menyikat gigi juga terkadang gelas plastik digunakan untuk minum, sehingga pastikan untuk mencucinya setiap hari.

8) Lap mulut
Setelah selesai makan, lap mulut digunakan untuk dibasahi dan melap mulut yang kotor karena makanan. Lap ini harus tiap hari diganti.

9) Tas sekolah
Yang disiapkan adalah tas backpack pada umumnya untuk anak.

10) Baju renang (khusus musim panas)
Pada musim panas, umumnya pihak sekolah akan menyediakan kolam kecil untuk anak2 bermain air...jadi siap2 tiap hari akan membawa baju renang dan handuk basah hehhehe

Sebagai catatan, sepatu ruangan, sprei, selimut dan baju tidur harus dibawa pulang untuk dicuci setiap akhir minggu dan dibawa kembali pada hari senin. Terkadang perlengkapan ini sedikit merepotkan, namun untuk kenyaman buah hati kita...tentunya hal tersebut tidak menjadi halangan, kan ??

Happy preparing !!!

No comments:

Post a Comment