Sunday 14 February 2016

Memperpanjang paspor anak di KBRI Tokyo

Saya akui bahwa saya termasuk orang yang selalu berpikiran negatif saat dihadapkan dengan masalah pengurusan administrasi dan dokumen, membayangkan sulit dan rumitnya, termasuk saat saya diharuskan untuk memperpanjang paspor anak yang akan habis masa berlakunya. Padahal ternyata setelah dijalani....tidak sulit juga ternyata, bahkan sangat mudah, dalam setengah hari saja, pengurusan tersebut bisa selesai...hheehehe

Berikut persyaratan yang harus dilengkapi saat pengajuan perpanjangan paspor anak di KBRI Tokyo :

1) Photo copy alien card anak di Jepang (dikeluarkan oleh imigrasi Jepang, diperlihatkan aslinya)

2) Photo copy akta lahir (diperlihatkan aslinya)

3) Photo copy alien card orang tua (diperlihatkan aslinya)

4) Photo copy paspor orang tua 
(saat pengajuan, kita akan menyerahkan paspor asli ke petugas dan paspor baru akan kita tanda tangani di tempat, dan saat pengambilan atau pengiriman, mereka akan menyerahkan kedua paspor tersebut, lama dan baru)

5) Photo copy surat nikah (saat itu saya tidak membawa surat aslinya, tapi tidak dipermasalahkan)

6) Pas photo anak terbaru ukuran 3 x 4 cm latar belakang putih 
(jika menggunakan photo booth, hati2 dengan background yang umumnya bukan putih. Saat itu saya menggunakan kamera dari hape, dengan latar belakang putih dan cetak di mesin cetak photo di BIC Camera, dan berhasil...lebih murah juga hehhehe)

7) Mengisi SPRI paspor 
(formulir ini tidak bisa didapat online, kita isi saat di kedutaan)

8) Pemohon harus datang sendiri 
(dalam hal ini anak saya ajak ke kedutaan dan berhubung dia sudah umur 7 tahun, jadi dia sudah bisa menuliskan nama di kolom ttd)

9) Membayar biaya pembuatan paspor 2.650 yen 
(untuk biaya ini, kita menggunakan mesin, seperti vending machine, jadi kita hanya memasukkan uang dan terlihat pilihan biaya yang diperlukan, lalu pencet dan akan keluar seperti kertas tanda bukti yang akan diserahkan kepada petugas, tapi ini kita lakukan setelah petugas memverifikasi dokumen). 


Mesin pembayaran 
10) Jika kita menginginkan paspor dikirimkan ke alamat rumah, maka kita harus siapkan letter pack, kita bisa mendapatkan di kantor pos terdekat dengan harga 500 yen (reta paku go-hyaku en). Saat itu saya juga melakukan pengajuan perpanjangan paspor, jadi untuk 2 orang, cukup satu letter pack ke alamat rumah yang sama. Kita tuliskan sendiri nama dan alamat rumah pengiriman di letter pack tersebut.

Untuk pengajuan perpanjangan paspor tersebut hanya bisa dilayani pagi hari dari jam 09.30 - 11.30. Sedangkan untuk pengambilan hanya dilayani siang hari jam 13.30 - 16.30 (Senin-kamis) dan 14.00 - 16.30 (Jum'at).

Daannn...ternyata hanya dalam waktu 3 hari saja, paspor lama dan baru telah sampai dengan selamat dan sentosa di rumah...

Salut untuk petugas kedutaan yang telah melayani dengan baik dan efisien !!!



Letter pack 500 yen

No comments:

Post a Comment