Friday 19 February 2016

Warna-warni Nikko di musim gugur (part 1)

Sebenarnya saya sudah sering mendengar tempat wisata Nikko yang kebetulan masih berada di sekitaran Tokyo, tapi yang saya lihat di internet hanya patung-patung dan temple sehingga saya tidak begitu tertarik untuk mengunjungi tempat ini hehehehhe
Hingga satu saat saya tidak sengaja melihat tempat ini di musim gugur dan terlihat sangat indah dengan daun yang berwarna-warni. Setelah browsing lebih lanjut, Nikko ternyata memang terkenal dengan keindahan nya di musim gugur. Dan berhubung ini adalah tahun terakhir saya di Jepang, maka saya pun memutuskan untuk pergi ke Nikko di musim gugur ini, yang kebetulah menurut prediksi akan mencapai puncaknya sekitar 2 minggu lagi, yaitu di pertengahan-akhir Oktober. Dan saya merencanakan untuk menginap semalam disana.

Di hari Kamis itu, kami pergi sepagi mungkin untuk mengejar kereta pertama dari Asakusa ke Tobu Nikko stasiun. Tapi ternyata kami hanya bisa mengejar kereta kedua jam 7.10 dan tiba di Tobu Nikko stasiun jam 9.22. Saat itu kami menggunakan All Nikko Pass seharga 4.520 yen valid selama 4 hari yang dapat digunakan untuk satu kali pp Tokyo - Nikko dan free seluruh bus di Nikko. Kartu ini sangat ekonomis mengingat tarif bus dari pusat kota ke daerah wisata di daerah pegunungan bisa mencapai 1000 yen lebih.

Setelah kami tiba di Tobu Nikko station, kami lalu segera melakukan check in di Nikko Park Lodge Tobu Station, hotel yang berada di seberang station, lokasi sangat recommended. Di area situ juga terdapat restoran india yang enak dan restoran lainnya...sehingga tidak akan khawatir kelaparan hehhehee

Tobu Nikko Station
Selanjutnya, kami mulai perjalanan wisata. Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari staf penjualan tiket Tobu, terdapat 3 rute bis yang populer melalui Tobu Nikko stasiun, yaitu :
1) JR. Nikko tujuan Yumoto onsen (Bus No. 2A)
2) JR. Nikko tujuan Chuzenji onsen  (Bus No. 2B)
3) JR. Nikko tujuan World Heritage Sightseeing (loop, Bus No. 2C)

Daerah Nikko sendiri dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu :
1) Area pusat kota, dimana terdapat World Heritage.
2) Area pegunungan (Okunikku), dimana terdapat wisata alam seperti air terjun, onsen ataupun padang sahara.

Untuk rute bis nya sendiri, rute Yumoto onsen (bus no. 2A) adalah yang terjauh dari pusat kota / stasiun. Dan untuk rute ini melalui rute yang sama dengan rute Chuzenji onsen (2B). Jadi untuk menuju Chuzenji onsen, kita dapat memilih bus no. 2A ataupun 2B. Sedangkan rute 2C melayani rute di pusat kota.

Untuk itinerary di Nikko...lanjut ke part 2 yaa...